Catatan Kami

server-network-cables

Mengapa Kami Menggunakan LiteSpeed Web Server

Awal tahun 2018 kami memindahkan beberapa server ke server-server baru untuk meningkatkan performa layanan kami. Tentunya selain spesifikasi yang ditingkatkan seperti penggunaan SSD, RAM yang lebih besar, Processor baru, dll. Kami juga memutuskan untuk beralih menggunakan web server LiteSpeed Web Server menggantikan web server di mesin lama yaitu Apache.

Berbeda dengan Apache yang dirilis free / tidak berbayar, LiteSpeed ini adalah software berbayar, namun kami dibuat tidak menyesal walau harus mengeluarkan dana lebih untuk menggunakan web server ini.

Lalu apa saja keunggulan LiteSpeed ini?

Migrasi yang sangat mudah dari Apache

Saat kami memindahkan banyak situs ke server baru dengan LiteSpeed, semuanya berjalan dengan lancar, sama sekali tidak ada hambatan, Website yang dahulunya berjalan di web server Apache, berjalan dengan sempurna pada web server LiteSpeed tanpa ada pengaturan atau penyesuaian.

Lebih Cepat dari Apache

LiteSpeed diklaim memiliki performa lebih cepat 9 kali dari Apache, serta meningkatkan kecepatan 50% proses PHP.  Anda tidak akan percaya kalau tidak mencobanya sendiri. Untuk website berbasis WordPress, kami juga mempergunakan LSCache untuk performa terbaik.

Hemat Resource

Pada umumnya, setiap situs yang ditempatkan dalam 1 mesin, berebut resource untuk memenuhi kebutuhannya, ketika ada 1 situs memiliki kebutuhan yang besar, ia akan mempengaruhi performa situs lainnya. LiteSpeed dirancang untuk menggunakan resource yang minim, namun dengan performa yang lebih baik.

Tahan Serangan DDoS

Bagi para server admin, hal ini adalah mimpi buruk, DDoS dapat membuat sebuah server tak berkutik karena dihujani request yang sangat besar. LiteSpeed diklaim lebih tahan terhadap DDoS karena memiliki beberapa metode pencegahan dan blocking terhadap IP yang dicurigai karena request yang besar.

Well, sementara web klien sudah menggunakan LiteSpeed dengan server baru, server kami ini masih menggunakan server lama karena kami memprioritaskan server baru untuk para klien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Halo, ada yang bisa saya bantu?